Subscribe:

Ads 468x60px


counter

Sabtu, 07 Desember 2013

Tumbuh dan Berkembang Menjadi Masyarakat Indonesia yang Sehat

     


      Berbicara tentang kesehatan, siapa yang tidak ingin dirinya selalu terjaga alias kebal dari semua penyakit?
Tentu, semua orang menginginkan untuk terhindar dari segala penyakit. Tetapi, siapa sangka jika disekitar kita pun terdapat virus-virus penyebab timbulnya suatu penyakit yang mungkin menakutkan dan bisa mengancam diri seseorang.  Seringkali, kita mengabaikan hal-hal kecil yang mungkin bisa berdampak besar kepada seseorang termasuk penyakit.
      Salah satu pencegahan untuk menghindari berbagai kemungkinan datangnya penyakit yaitu, adanya pendidikan kesehatan sejak usia dini. Ketika seorang anak lahir, tentu orangtua lah yang senantiasa memantau perkembangan kecerdasan dan kesehatannya. Melihat sang buah hati tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, pintar dan terhindar dari penyakit,  betapa bahagianya pasangan orangtua tersebut. Mulai dari pengenalan anak terhadap lingkungan disekitarnya, pembelajaran terhadap pentingnya kesehatan dan bagaimana melindungi si buah hati dari berbagai ancaman penyakit, serta pemberian asupan gizi yang mampu membuat anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan terlindungi dari berbagai penyakit.
Namun sayang, masih banyak diluar sana, termasuk di tengah kenyataan anak-anak Indonesia yang masih menghadapi beban akibat kurang gizi dan kelebihan gizi. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian dan sosialisasi masyarakat terhadap pentingnya kesehatan anak sejak usia dini. Dukungan dan stimulasi orangtua dalam menanamkan pola makan sehat dengan gizi yang seimbang pada anak sangat dibutuhkan, karena status gizi anak akan membawa dampak pada kehidupan mereka dimasa depannya, dari mulai masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga usia lanjut.
Pendidikan terhadap pentingnya kesehatan anak sejak usia dini sebaiknya sudah ditanamkan dan disosialisasikan kepada masyarakat oleh pemerintah setempat. Mulai dari daerah perkotaan, hingga ke desa terpencil yang sulit dijangkau. Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dalam pembagian tugas dan perencanaan dinas kesehatan seperti memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pengobatan gratis di daerah setempat diharapkan lingkungan dapat terjaga dari ancaman berbagai risiko timbulnya penyakit.
Selain itu, pembekalan pengetahuan tentang kesehatan atau alih pengetahuan melalui pendidikan dari orangtua mengenai pola makan dan pola asuh yang optimal dapat memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Mulai dari taman kanak-kanak atau biasa disebut PAUD telah diajarkan pemberian rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuai dengan  tahap tumbuh-kembang anak dan dilaksanakan melalui pendekatan bermain sambil belajar. Penanaman kejujuran, disiplin, cinta sesama, cinta tanah air, dan semua nilai yang positif lain termasuk pengetahuan mendasar mengenai gizi dan kesehatan perlu dibiasakan dan harus dilakukan secara terus menerus agar dapat bekerja secara optimal pada anak.
Berbagai pihak, mulai dari kegiatan sosial  yang memfokuskan pada edukasi gizi ke berbagai subjek termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat, juga organisasi masyarakat di lingkungan sekitar untuk meningkatkan pemahaman tentang zat gizi dan kebutuhan pemenuhan zat gizi dalam pola makan sehari-hari khususnya pada ibu yang sedang hamil dan orangtua yang sedang memberikan edukasi dan pengenalan lingkungan baru kepada si buah hati.

Pada intinya memang dibutuhkan korelasi yang positif antara masyarakat, terutama orangtua dengan berbagai pihak yang menjalin kerjasama untuk memberikan pengajaran mengenai pentingnya kesehatan dan bagaimana mencegah timbulnya berbagai penyakit terhadap anak sejak usia dini. Sudah saatnya sekarang dan seterusnya hal ini bisa dilaksanakan agar masyarakat Indonesia merasakan kenyamanan dan kenikmatan atas terhindar dari berbagai macam penyakit yang mampu mengancam nyawa seseorang.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

trnyata kamu suka posting untuk lomba ya

Anonim mengatakan...

bener tuh dek, korelasinya dari semua pihak harus ada

Unknown mengatakan...

trmksh komentarnya anon :)

Posting Komentar